FAKTOR YANG MEMOTIVASI PEREMPUAN DALAM BERWIRAUSAHA PADA UMKM KROPUK SANGNGNGAR DI KECAMATAN KWANYAR KABUPATEN BANGKALAN

anugrahini irawati, Bambang Sudarsono

Abstrak

Penelitian dilakukan untuk mengetahui Faktor yang  memotivasi  perempuan dalam berwirausaha pada UMKM Kropuk Sangngar di Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan.  Populasi  pada penelitian adalah  wirausaha perempuan pada UMKM kropuk sanggar. Pendekatan  yang digunakan adalah diskriptif  kualitatif, dimana data dikumpulkan  melalui wawancara kepada 45 wirausaha perempuan. Ada 3 faktor yang memotivasi perempuan berwirausaha yaitu 1). Faktor Keluarga (Confidence Modalities), 2). Faktor yang Disengaja (Emotion Modalies), 3).. Faktor Pemaksa (Tension Modalities). Berdasarkan hasil penelitian ternyata Faktor Keluarga (Confidence Modalities) merupakan faktor yang memotivasi perempuan dalam berwirausaha, sedangkan faktor keluarga yang dimaksud  yaitu keturunan mempunyai kekuatan internal dalam mendukung dan memotivasi perempuan dalam berwirausaha. Kondisi ini didukung oleh lingkungan keluarga yang sangat kental jiwa wirausahanya sehingga  memudahkan dan mensukseskan mereka dalam melakukan usahanya.

Kata Kunci

Motivation, Woman Entrepreneur, Kropuk Sangngar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Alwisol 2009, Psikologi Kepribadian, Edisi Revisi Malang :UMM Press

Ali, Abdel Hafiez & Ali Yassin Sheikh Ali. (2013). Motivational Factors Of Somali Women Entrepreneurs in

Benadir Region. Social Sciences and Humaities, Vol.4 No.1, 59-72 Ismail, Hasni Che., Faridahwati Mohd. Shamsudin & Mohammed S. Chowdhury. (2012). An Exploratory Study of Motivational Factors on Women Entrepreneurship Venturing in Malaysia. Business an d Economic Research, Vol.2 No.1, 1-13. Retrieved from Macrothink Institute.

Beck, T., Demirguc- Kunt, A., and V. Maksimovic.2005 “Financial and Legal Constraints to Firm Growth: Does Firm Size Matter?”, Journal of Finance, 2005, pp: 137-177

Bygrave, W.D. 1994. The Portable MBA in Entrepreneurship. Singapore: John Wiley & Son, Inc.

Gurbuz, G. & Aykol, S. 2008, Entrepreneurial Intentions of Young Educated Public in Turkey. Journal of Global Strategic Management, 4(1): 47-56.

Herdiman, F.S. 2008.“Wirausahawan Muda Mulai dari Lingkungan keluarga”. http://jurnal nasional.com/media, diunduh pada tanggal 12 Maret 2011.

Lieli Suharti dan Hani Sirine ,September 2011” Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention) “Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol.13,No.2 http://puslit2.petra.ac.id/gudangpaper/files/2050.pdf

Sari,My(2013) analisis pemahaman kewirausahaan terhadap motivasi mahasiswa menjadi young entrepreuner (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Tidak diterbitkan.

Rosmiati et al. (2015). Sikap, Motivasi, Dan Minat Berwirausaha Mahasiswa. JMK. 17(1), 21-30.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Endang, N. P. (2012). Analisis Faktor-Faktor Motivasi Berwirausaha Terhadap Keberhasilan Pengusaha UKM (Studi Pada UKM Kota 179 Malang). Jurnal Profit, 6(1), 63-68. Retrieved from Database E-Journal Fakultas Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Saiman, L. (2014). Kewirausahaan-Teori, Praktik, dan Kasus-Kasus (Edisi 2). Jakarta: Salemba Empat.

Yunal, V. O. dan Indriyani, R. (2013). Analisis Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Inovasi Produk TerhadapPertumbuhan Usaha Kerajinan Gerabah di Lombok Barat.

Segal, Gery., Dan Borgia & Jerry Schoenfeld.(2005). The Motivation to Become an Entrepreneur. InternationalJournal of Entrepeneurial Behavior & Research, Vol.11 No.1, 42-57. Retrieved from Emerald Group Publishing Company.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.