PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN DENGAN RISIKO KREDIT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (PADA PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2014-2016)

Authors

  • Komang Hevy Aryani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v7i1.45

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Good Corporate Governance (GCG)  terhadap profitabilitas perbankan melalui risiko kredit sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftardi Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel perusahaan sebanyak 39 perusahaan. Metode analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan model data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komisaris independen tidak berpengaruh terhadap profitabilitas tetapi berpengaruh terhadap risiko kredit dimana semakin tinggi proporsi komisaris independen semakin rendah risiko kredit, dewan direksi berpengaruh terhadap profitabilitas dan risiko kredit dimana semakin tinggi jumlah dewan direksi, maka semakin tinggi profitabilitas dan semakin rendah risiko kredit, kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap profitabilitas tetapi berpengaruh terhadap risiko kredit dimana semakin tinggi proporsi kepemilikan manajerial semakin rendah risiko kredit dan juga ditemukan risiko kredit berpengaruh terhadap profitabilitas dimana semakin tinggi risiko kredit, maka semakin rendah profitabilitas. Selain itu, penelitian ini juga menunjukan risiko kredit dapat menjadi Variabel Intervening untuk GCG. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perbankan dan investor untuk lebih memperhatikan Pelaksanaan GCG yang tidak hanya dilihat dari kesesuaian mekanisme atau struktur pendukungnya tetapi juga memperhatikan kualitas penerapan GCG yang dapat  dilihat dari tinggi rendahnya risiko kredit yang dialami bank tersebut sehingga akan mampu mengoptimalkan laba perusahaan.

Kata-kata Kunci: Komisaris independen, dewan direksi, kepemilikan manajerial, , risiko kredit, profitabilitas

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-03-25

How to Cite

Aryani, K. H. (2019). PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN DENGAN RISIKO KREDIT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (PADA PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2014-2016). Distribusi - Journal of Management and Business, 7(1), 63–80. https://doi.org/10.29303/distribusi.v7i1.45