PENGARUH PATRONAGE BUYING MOTIVES DAN PROMOSI GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEE
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i1.212Keywords:
Patronage Buying Motives, Free Shipping Promotion, Buying DecisionAbstract
The aim of this study was to determine the effect of patronage buying motives and free shipping promotion on the buying decision process on Shopee. This research is a field research with quantitative methods. One hundred samples were selected on a non-probability sampling with purposive sampling approach. Quantitative data is analyzed using SPSS ver. 26. The result of this study is shown that patronage buying motives and free shipping promotion has a positive and significant effect on buying decision process on Shopee with percentage 85,9%.
Downloads
References
Alma, B. (2005). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.
Arifin, Faisol; Asiyah, Siti; Mustapita, A. F. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada E - Commerce Shopee (Studi Kasus Pada FEB Angkatan 2017 Unisma). Jurnal Riset Manajemen, 106–116.
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, S. (2010). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. PT Raja Grafindo Persada.
Auli, S., Basamalah, M. R., & Milannintyas, R. (2021). Pengaruh Diskon Dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen Vol. 10 , 218-230.
Google. (2020). e-Conomy Sea 2020. Google.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia Retrieved from databoks.katadata.co.id: Penggunaan E-Commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. (2021, November 20).
Istiqomah, M., & Marlena, N. (2021). Pengaruh promo gratis ongkos kirim dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk fashion. Jurnal Manajemen Vol. 12 No. 2, 288-298.
Kotler, P. (2006). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 11. Jakarta: PT Indeks Gramedia.
Mahapsari, Nunky Rizka; Taman, A. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Harga Saham Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Nominal, II.
Maulana, H. A., & Asra, Y. (2019). Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan. Jurnal Inovasi Bisnis Vol. 7 No. 2.
Neter, J. W., W, & Kutner, M. (1997). Model Linear Terapan Buku 1 Analisis Regresi Linier Sederhana. Bogor.
Philip, K., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.
Ramadhan, R. S., & Dra. Neni Pancawati, M. (2018). Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa di Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada.
Sitinjak, T. J., & Sugiarto. (2006). LISREL . Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wearesocial & Hootsuite. (2021). Digital 2021 Indonesia. Hootsuite.
Stanton, W. J., Etzel, M., & Walker, B. J. (1997). Fundamentals of Marketing. 10th Edition. USA: McGraw-Hill International.
Statista. (2021). E-commerce in Indonesia. Statista.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran Edisi 2 . Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi.
Winardi. (2010). Marketing dan Perilaku Konsumen. Bandung: CV Mandar Maju.
Wong, J. (2010). Internet Marketing for Beginners. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Marista Yoana Putri, Fathorrahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal DISTRIBUSI ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal DISTRIBUSI berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.