ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK KONVEKSI DAN AKSESORIS PADA TOKO UD. GINA RIA KECAMATAN TERARA LOMBOK TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v4i2.13Abstract
Penelitian ini berjudul Analisis Strategi Pemasaran Produk Konveksi dan Aksesoris Pada Toko UD.Gina Ria. Tujuan dan penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi UD.Gina Ria dalam pemasarannya berdasarkan analisis internal dan eksternal, untuk mengetahui strategi apa yang tepat untuk digunakan oleh toko UD. Gina Ria dilihat dan analisis internal dan eksternal.
Jenis metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan tujuan untuk memeperoleh gambaran terhadap faktor-faktor lingkungan internal dan ekstennal kemudian menganalisis menggunakan analisisi SWOT. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 21 orang yang dibagi menjadi responden internal perusahaan sebanyak 13 orang dan sisanya adalah eksternal perusahaan yang menjadi tringulasi. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan angket sebagai teknik pengumpulan data. Skala pengukuran menggunakan skala likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Setelab melakukan wawancara dengan pemilik UD. Gina Ria dan hasil analisis SWOT, didapatkan bahwa posisi UD. Gina Ria berada pada kuadran 1 yang berarti UD. Gina Ria berada pada posisi kuat dan berpeluang.
Kata Kunci: Analisis SWOT, Lingkungan Internal, Lingkungan Eksternal
Downloads
References
Adi, Wijaya Arik, 2013. Analisis Strategi Pemasaran Makanan Tradisionl studi kasuspada home industry Rengginang.
Alma, Buchari, 2004.Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Edisi Revisi, Alfabeta. Bandung.
Anjani, Arin,2015. Analisis Strategi Pemasaran Produk Home Indohome PT. Telkom Kandatel Bantul.
Arikunto, Suharsimi.2014. “Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta:PT Bumi Aksara.
Asihtaiorandgarment. 2015. Manajemen pemasaran konveksi. Diakses path http://asihtai1orandgarment.b1ogspot.co.id/2015/12/manajemen-pemasaran konveksi.html. (tgl 27-12-2016 jam 20.35)
Augusty Ferdinand. 2014, Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi 3, AGF Books, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.
Basu Swastha, DH dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty: Yogykarta.
Chadwick, Bruce A, 1991, Metode Penelitian ilmu Sosial, (terjemahan), Sulistia ML., IKIP Press, Semarang
David, Fred R. 2010. Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases (13th Edition). Prentice Hall International, London.
Ester Berg, dalam Sugiono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung.
Fandy Tjiptono, 2002, Strategi Pemasaran, Andy Offset, Yogyakarta
Ferdinan, Agusty, 2014. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman penelitian untuk penuluisan skripsi, tesis dan disertal ilmu manajemen. Semarang: Badan penerbit universitas Diponegoro.
Freddy Ranglcuti. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Gito Sudarmono, Indrito. 2000. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta.
Handoko, T Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia,Edisi Kedua. BPFE, Yogyakarta.
Hurriati.2005. Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Cetakan pertama. Bandung: Alfabeta
Jatrniko, Rahmad Dwi. (2004). Manajemen Stratejik. Malang: Universitas
Muhammad.Jorfi, Hassan dan Jorfi, saeid dan Yaccob, Hashim fauzy bin. (2011). Relationships among strategic management, strategic behavior, emotional intelligence, IT-business strategic alignment, motivation, and communication effectiveness. International journal of business and management. Vol.6 no.9
Kotler, Philip. 1997. Marketing Management “Analysis, Planning, Implementation and Control” (9 thed.). New Jersey: Prentice Hall International, Inc.
Porter, Michael E, 1993, Strategi Bersaing Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing, Edisi Revisi, Erlangga, Jakarta.
Rahmat, maulidia reni, 2012. Analisis Strategi Pemasaran Pada PT. Koko Jaya Prima Makassar. Univesitas Hasanuddin
RangkUti, Fraddy, 2004, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia, Jakarta.
Rangkuti, Freddy, 2001, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia, Jakarta
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi promisi yang kreatif dan Analisis Kasus integrated marketing comucation, Jakarta PT. Gramedia pustaka utama.
Reycca.2009. pengertian lingkungan bisnis. Diakses pada http//reycca. Wordpress.comJ/2009/1 1 /08/pengertian-lingkungan-bisnis. (tgl 3-02-2017 jam 11.45)
Sastradipoera, Komaruddin, 2003, Manajemen Marketing; Suatu Pendekatan Ramuan Marketing, Kappa Sigma, Bandung.
Sugiyono.200 1. Metode Penelitian Bisnis, Bandung, Alfabeta
Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatf Kualitatif Dan R&D. Bandung
Sutrisno Hadi, dalam Sugiono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung.
Suwarsono, Muhammad, 2000. Manajemen Strategik; Konsep dan Kasus, Edisi ketiga, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2002 Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, AndiOffset, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, edisi 111. Yogyakarta: C.V. ANDI Offset.
Venie. 2013. manajemen pemasaran bisni. Diakses path http://venie32.b1ogspot.co.id/201 3/05/manaiemen-pemasaran-bisnis.html. (tgl 23- 12-2016 jam 14.22)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal DISTRIBUSI ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal DISTRIBUSI berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.