ANALISIS KEMAMPUAN KERJA, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Authors

  • Eko Esti Santoso Universitas Islam Al Azhar
  • Mariana Universitas Islam Al Azhar

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v12i1.430

Keywords:

Disiplin Kerja, Kemampuan Kerja, Kinerja Karyawan, Motivasi Kerja

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan suatu perusahaan. Dalam perusahaan sumber daya manusia memegang peranan yang sangat penting oleh karena dipandang sebagai faktor pendorong yang utama dalam menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh signifikan secara parsial dan simultan antara Kemampuan Kerja, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan BUMD PT Patut Patuh Patju Lombok Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif asosiatif, dalam penyebaran data digunakan angket untuk mengumpulkan data dengan jumlah populasi 42 orang karyawan dengan teknik sampel jenuh, dimana semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program software SPSS. Hasil penelitian Kemampuan Kerja tidak berpengaruh signifikan Terhadap Kinerja Karyawan. Motivasi Kerja Untuk berpengaruh signifikan Terhadap Kinerja Karyawan. Disiplin Kerja tidak berpengaruh signifikan Terhadap Kinerja Karyawan. Secara simultan Kemampuan Kerja, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja berpengaruh signifikan Terhadap Kinerja Karyawan BUMD PT Patut Patuh Patju Lombok Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariesni, S., & Asnur, L. (2021). Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 5(3), 363-369.

Dewi, L. N., Suhaeli, D., & Hidayati, L. A. (2023). Pengaruh Kemampuan Kerja, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi Empiris pada Puskesamas Kecamatan Candimulyo). Borobudur Management Review, 3(1), 14-31.

Hasibuan, M.S.P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Hasibuan, M.S.P. (2015). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi, Bumi Aksara: Jakarta.

Hidayat, R. (2021). Pengaruh motivasi, kompetensi dan disiplin kerja terhadap kinerja. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 5(1), 16-23.

Inaray, J. C., Nelwan, O.S., & Lengkong, V.P.K. (2016). Pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Amanah Finance di Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(2).

Kristiani, D. A., Pradhanawati, A., & Wijayanto, A. (2013). Pengaruh Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Operator PT. Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(1), 110-116.

Mangkunegara, A.A.A.P (2006). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Refika Aditama

Setiawan, A. H., & Siagian. H. (2017). Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada CV Sinar Agung. Agora, 5(2).

Setiyawan, dan Waridin. (2006). “Pengaruh Disiplin Kerja Karyawan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Di Divisi Radiologi RSUP Dokter Kariadi Semarang”. JRBI. 2(2), 181-198.

Siagian S.P. (2002). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja, Cetakan.

Sumbung, I. L. (2016). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Pemberian Insentif Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Di Sekretariat Daerah Kabupaten Jayawijaya). Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 2(1).

Timpe. (2015). Seri Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kelima. Jakarta.

Vallennia, K., Atikah, A., & Azijah, F. N. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan:(Studi Kasus PT. SINAR SOSRO Rancaekek). E-Jurnal Equilibrium Manajemen, 6(2), 39-49.

Zahara, R. N., & Hidayat, H. (2017). Pengaruh Kepuasan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bank di Kota Batam. Journal Of Applied Managerial Accounting, 1(2), 150–156.

Downloads

Published

2024-03-26

How to Cite

Santoso, E. E., & Mariana. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN KERJA, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN. Distribusi - Journal of Management and Business, 12(1), 27–40. https://doi.org/10.29303/distribusi.v12i1.430