artikel Strategi Pemasaran Galeri Tenun Desa Setanggor Dalam Meningkatkan Daya Saing Penjualan Kain Tenun Di Wilayah Praya Barat Lombok Tengah.

Penulis

  • Surianingsih Surianingsih Sekolah Tinggi Ilmu Akuntansi (STIA) Mataram
  • Dewi Rispawati Universitas Mataram
  • Siti Yulianah M. Yusuf Sekolah Tinggi Ilmu Akuntansi (STIA) Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i2.410

Kata Kunci:

Galeri Tenun, Strategi Pemasaran, Desa Setanggor.

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Strategi Pemasaran Galeri Tenun Desa Setanggor Dalam Meningkatkan Daya Saing Penjualan Kain Tenun Di Wilayah Praya Barat Lombok Tengah”, yang bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Galeri Tenun Desa Setanggor dalam meningkatkan daya saing penjualan kain Tenun di wilayah Praya Barat Lombok Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data yakni melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian dengan menggunakan Analisa SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pemasaran yang dilakukan Galeri Tenun  Desa Setanggor dalam meningkatkan daya saing penjualan kain tenun di wilayah Praya Barat Lombok Tengah berdasarkan posisinya pada Kuadran I dalam Analisis SWOT adalah strategi Agresif dengan menggunakan strategi promosi yang lebih gencar lagi dalam mempromosikan kain Tenun Songket Desa Setanggor, agar lebih dikenal lagi oleh masyarakat hingga ke mancanegara yang dapat dilakukan melalui media sosial, website, serta variasi motif kain Tenun Songket Desa Setanggor yang dapat menyesuaikan dengan fashion saat ini.

Kata Kunci: Galeri Tenun, Strategi Pemasaran, Desa Setanggor.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alimin, Erina, dkk. (2022). Manajemen Pemasaran (Kajian Pengantar di Era Bisnis Modern). NTB: Seval Literindo Kreasi.

Bismala, Lila, Susi Handayani dan Dewi Andriany. (2018). Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.

David, Fred R. (2013). Strategic Management. Buku 1. Edisi 2. Jakarta: Gramedia.

Fawzi, Marissa Grace Haque, dkk. (2022). Strategi Pemasaran (Konsep, Teori dan Implementasi). Jakarta: Pascal Books.

Kotler,P., Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. New Delhi: Pearson.

Kotler,P.,Keller,K.L. (2009). Marketing Management. Singapore: Pearson Education.

Putri, Budi Rahayu Tanama. (2017). Manajemen Pemasaran. Universitas Udayana.

Rangkuti, Fredy. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis (Cetakan keempat belas). Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Sastradipoera, Komarudin. (2003). Manajemen Marketing Suatu Pendekatan Ramuan Marketing. Bandung: Kappa - Sigma.

Sedarmayanti. (2014). Bahan Ajar Manajemen Strategi Sektor Bisnis. Bandung: SuksesBandung.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-29

Cara Mengutip

Surianingsih, S., Rispawati, D., & Yusuf, S. Y. M. (2023). artikel Strategi Pemasaran Galeri Tenun Desa Setanggor Dalam Meningkatkan Daya Saing Penjualan Kain Tenun Di Wilayah Praya Barat Lombok Tengah. Jurnal Distribusi, 11(2), 229–240. https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i2.410