COGNITIVE BIAS ANALYSIS TERHADAP KINERJA USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DENGAN KEPUTUSAN INVESTASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MASA PANDEMI COVID 19

Penulis

  • Siti Aisyah Hidayati Universitas Mataram
  • Sri Wahyulina Universitas Mataram
  • Embun Suryani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i2.408

Kata Kunci:

Cognitive bias, Decision to place funds for working capital, Company Performance

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh  Cognitive Bias terhadap terhadap Kinerja Perusahaan dengan Keputusan Investasi sebagai Variabel Intervening pada Usaha Kecil Menengah (UKM) di Pulau Lombok pada Masa Pandemi Covid 19. Kontribusi teoritis penelitian ini diharapkan akan memberikan kontribusi ilmu pengetahuan dan pengembangan teori behavioral finance yang terkait dengan pengambilan keputusan investasi dan kinerja perusahaan di Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Selain itu juga diharapkan behavioral finance menjadi pokok bahasan dalam mata kuliah manajemen keuangan. Selanjutnya, kontribusi praktis penelitian ini diharapkan memberikan masukan, saran dan rekomendasi kepada policy maker Pemerintah Daerah Provinsi NTB dalam mengambil kebijakan yang kaitannya dengan pengembangan UKM.

Penelitian ini merupakan penelitian berbasis pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian explanatory research. Populasi  penelitian adalah semua UKM yang berada di Pulau Lombok. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Non probability sampling, yaitu menggunakan judgement sampling yaitu memilih UKM yang bergerak pada industri kerajinan gerabah dan sudah melakukan ekspor. Dari populasi yang ada, terdapat 34 (Tigapuluh empat) UKM yang dapat diambil sebagai sampel. Responden dalam penelitian ini adalah  pemilik dari tiap-tiap UKM tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  menggunakan angket. Untuk mencapai tujuan penelitian serta pengujian hipotesis, maka data yang diperoleh akan diolah sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat statistik GSCA (Generalized Structured Component Analysis).

Hasil penelitian menunjukkan Cognitive Bias dan Emotional Bias berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Perusahaan. Keputusan penempatan dana untuk modal kerja tidak mengintervening Cognitive Bias dan Emotional Bias terhadap Kinerja Perusahaan pada Usaha Kecil Menengah (UKM) di Pulau Lombok pada Masa Pandemi Covid 19. Hal ini  dilatarbelakangi oleh usia sebagian besar responden berusia produktif, sebagian besar laki-laki, tingkat pendidikan sebagian besar SMA dan Perguruan Tinggi dan lama usaha lebih dari 15 (limabelas) tahun.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amanah, Rahadian dan Iradianty, 2016, Pengaruh Financial Knowledge, Financial Attitudes dan External Locus of Control terhadap Personal Financial Management Behavior pada Mahasiswa S1 Universitas Telkom, e-Proceeding of Management, Vol-3, No. 12. Agustus 2016, Page 12-28

Baker, K.H. and Nofsinger, R.J. 2002. Physchological Bias of Investors. Financial Services II, pp. 97-116.

De Bondt, W. et al. 2008. Behavioral Finance: Quo Vadis ?. Journal of Applied Finance; Fall 2008; 18, 2; ABI/INFORM Research.

Forbes, William.2009. Behavioural Finance. First Edition. John Wiley & Sons Ltd.

Gumanti, Ary Tatang. 2009, Behavior Finance: Suatu Telaah. Usahawan No. 1/Th, XXXVIII

Halim, A. 2005. Analisis Investasi (Kedua). Jakarta: Salemba Empat

Humairo. 2018. Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku UMKM Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul. Jurnal Nomianal, Vol. 7, No. 1, hal. 96-110.

Herdjiono dan Damanik. 2016. Pengaruh Financial Atitude, Financial Knowledge, Parental Income terhadap Financial Management Behavior. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan.Tahun 9. No. 3, Desember 2016

Hidayati, Wahyulina dan Suryani. 2021. The Effect Of Financial Attitude and Financial Knowledge on Company Performance With Financial Decisions as Intervening Variables: A Behavioral Finance Perspective. Jurnal Magister Manajemen, Volume 10 – Issue 1 – Maret 2021

Idrus, M. Syafiie. 1999. Strategi Pengembangan Kewirausahaan (Entreprenuership) dan Peranan Perguruan Tinggi dalam Rangka Membangun Keunggulan Bersaing (Competitive Advantage) Bangsa Indonesia pada Millenium Ketiga, Makalah tidak dipubilkasikan, Universitas Brawijaya Malang.

Lianto dan Elizabeth. 2017. Analisis Pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge, Income terhadap Financial Behavior di Kalangan Ibu Rumah Tangga Palembang (Studi Kasus Kecamatan Ilir Timur I). http://eprints.mdp.ac.id/2365/. Diakses 22 November 2019

Lintner, G. 1998. Behavioral Finance: Why Investors Make Bad Decisions. The Planner, 13 (1), pp. 7-8

Mien, Nguyen Thi Ngoc and Thao, Thran Puong. 2015. Factors Affecting Personal Financial Management Behaviors : Evidence from Vietnam. Proceedings of the Second Asia-Pacific Conference on Global Business, Economics, Finance and Social Sciences (AP15Vietnam Conference).

Nyamao, Patrick, Martin, Odondo and Simeyo. 2012. Effect of working capital management practices on financial performance: A study of small scale enterprises in Kisii South District, Kenya. African Journal of Business Management, Vol. 6, pp. 5807-5817.

Pradana, Rafinza Widiar. 2018. Pengaruh Financial, Cognitive Bias , dan Emotional Bias terhadap Keputusan investasi (Studi pada Investor Galeri Investasi Universitas Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen Volume 6 Nomor 3, hal. 108-117.

Puspitaningtyas, Zarah dan Agung W, Kurniawan. 2012. Prediksi Tingkat Pengembalian Berupa Dividend Yield Berdasarkan Analisis Financial Ratio, Majalah Ekonomi: Telaah Manajemen, Akuntasi dan Bisnis, Vol. 16, No.1, Hal. 89-98

Ricciardi V. and Simon, H, K. 2000. What is Behaviour in Finance . Business, Education, and Technology Journal, Vol. 2, No. 2, pp. 1-9.

Sherin. 2007. Beyond Greed and Fear: Understanding Behaviour Finance and Psychology of Investing. Harvard business School Press, Boston, USA

Solimun. 2012. Pemodelan Persamaan Struktural: Generalized Structured Component Analysis GSCA. Materi Pelatihan Statistika Multivariat. Fakultas MIPA. Universitas Brawijaya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). CV. Alfabeta. Bandung.

Supramono; Kaudin; Mahastuti dan Damayanti. 2010. Desain Penelitian Keuangan Berbasis Perilaku. Penerbit: Pusat Studi Keuangan Berbasis Perilaku Fakultas Ekonomi UKSW Salatiga

Supramono dan Putlia, Nancy. 2010. Persepsi dan Faktor Psikologis dalam Pengambilan Keputusan Hutang. Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol. 14, No. 1 Januari 2010, hal. 24-35.

Syahrir, Alam Dan Sanusi. 2019. Keputusan Keuangan, Efisiensi Operasional, Dan Inovasi Terhadap Peningkatan Kinerja Keuangan Dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi Di Bursa Efek Indonesia. JBMI Vol. 6, No.1.

Tandelin, E. (2010). Portofolio dan Investasi: Teori dan Aplikasi (Pertama). Yogyakasta: Kanisius.

Pompian, Michael M. 2006. Behavioral Finance and Wealth Management. John Wiley & Sons, Inc. New Jersey.

Van Horne, James C. 2002. Financial Management and Policy. Twelfth Edition. Prentice Hall Upper Saddle River. New Jersey.

Wiharno, Herma. 2018. Pengaruh Financial Knowledge, Financial Behavior dan Financial Attitudeterhadap Personal Financial Management. JRKA Volume 4 Isue 1, Februari 2018: 64-76.

http://disperin.ntbprov.go.id/data/2020/12/DATA-IKM-2020.jpg. Diakses 5 Januari 2022

http://lipi.go.id/berita/survei-kinerja-umkm-di-masa-pandemi-covid19/22071. Diakses 1 Oktober 2022

https://drpm.umsida.ac.id/perjuangan-membangkitkan-umkm-lokal-dikala-pandemi/. Diakses 1 Oktober 2022

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-29

Cara Mengutip

Hidayati, S. A., Wahyulina, S., & Suryani, E. (2023). COGNITIVE BIAS ANALYSIS TERHADAP KINERJA USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DENGAN KEPUTUSAN INVESTASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MASA PANDEMI COVID 19. Jurnal Distribusi, 11(2), 181–196. https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i2.408