PENGARUH KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DIKAWASAN WISATA KULINER PANTAI KOLO
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i2.169Keywords:
Reference Groups, Visit Decision , Culinary TourismAbstract
This study aims to determine the influence of reference groups on the visit decision to the Kolo beach culinary tourism area. The type of research used is associative, the research location is in the City of Bima. The population in this study were all consumers who had visited the Kolo beach culinary tourism area, the sample in this study amounted to 100 people with purposive sampling technique. The research instrument uses a questionnaire with a Likert scale measurement. The type of data used in this study is quantitative data with research data sources, namely primary data. Data collection techniques are observation, questionnaires/questionnaires and literature study. Data analysis used simple linear regression. The results showed that the Reference Group had an effect on the visit decision to the Kolo beach culinary tourism area
Downloads
References
Anggriani Melia, Fitriani & Sanjaya F Vicky, (2020). Pengaruh Kelompok Referensi, Media Sosial, Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Generasi Milenial. Jurnal Ekonomak Vol. 6 No. 3, Hal 1-8
Anoraga Jalasena Bintang, Iriani Setyi Sri, (2014). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Galaxy. Bintang Jalasena Anoraga, Sri Setyo Iriani. Bisma ( Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol 6 No. 2. Hal. 139-147
Faadhilah, F, Novia. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif Dan Beauty Vlogger Sebagai Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi Pada Remaja Perempuan Pengguna Kosmetik Korea Di Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(1), 133–142.
Fitria Sarah, Artanti Yessy, (2020). Pengaruh Religiusitas dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam. Volume 8, Nomor 1, Hal 37-47. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/bisnis/index DOI : 10.21043/bisnis.v8i1.6732
Ghozali, Imam.(2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Harnoto, T., Budi, Y., & Silintowe, R. (2018). Keputusan Pembelian Smartphone Oleh Mahasiswa : Kelompok Acuan Atau Gaya Hidup. Journal Ilmu Komunikasi, 30(2), 181–197. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/modus/article/download/1708/1188
Hoonsopon, D., & Puriwat, W. (2016). The effect of reference groups on purchase intention: Evidence in distinct types of shoppers and product involvement. Australasian Marketing Journal, 24(2), 157–164. https://doi.org/10.1016/j.ausmj.2016.05.001
Kotler dan Keller. (2014). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.
Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Nellyaningsih, Hidayat Rahmat, (2019). Analisis Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Asuransi. Jurnal AKRAB JUARA Vol. 4 No. 4, Hal 144-155
Oetoro, S., Parengkuan, E. (2012). Smart Eating. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Oktavianingsih Isnaeni & Setyawati Abrilia Hariri, (2020). Pengaruh Kelompok Acuan, Gaya Hidup dan Citra Merek terhadap keputusan Pembelian Helm Merek INK. JIMMBA ( Jurnal ilmiah mahasiswa manajemen, bisnis dan akuntasi). Vol. 2 No. 4, Hal 619-630
Peter, J Paul and Jerry C Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Terjemahan oleh Diah Tantri Dwiandani Edisi Kesembilan Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Santosa Deana Allicia & Chayaningtya Dwi Indyra, (2020). Pengaruh Personal Selling Dan Reference Group Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen. Vol 6 No. 2, Hal 67-73. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem
Sianturi evanina, Erida, Nifita Titi Ade. (2012). Pengaruh Kelompok Referensi dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Menggunakan BlackBerry. Vol 1 N0. 2. ISSN: 2302-4682.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wilna Elsa, Lubis Nawazirul Prabawani Bulan, ( 2015). Pengaruh Promosi dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Tabungan Simpedes Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Brigjen Sudiarto Semarang. JIAB( Jurnal Administrasi Bisnis),Vol. 4 No. 2. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/index
Wibowo, A. F., & Riyadi, E. S. hendro. (2017). Pengaruh Gaya Hidup, Prestise Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Konsumen Taiwan Tea House Semarang ). Prosiding Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sri Ernawati zunaidin, Harry Nurdin, Sulhaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal DISTRIBUSI ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal DISTRIBUSI berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.