ANALISIS RISIKO PORTOFOLIO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI MONTE CARLO (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR INDEKS LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2018)

Indria Astuti, Burhanudin Burhanudin, Baiq Nurul Suryawati

Abstrak

Dalam penulisan ini akan dilakukan pembahasan mengenai analisis risiko portofolio dengan metode Simulasi Monte Carlo menggunakan penghitungan Value at Risk (VaR) sebagai estimasi maksimal kerugian dalam portofolio tersebut. Penggunaan Simulasi Monte Carlo untuk menganalisis risiko portofolio  dilakukan agar risiko dapat diukur dengan lebih akurat berdasarkan pembangkit nilai acak yang dihasilkan oleh pengulangan sebanyak 1000 iteration, yang didesain untuk menggambarkan risiko dari suatu aset tertentu.

Portofolio merupakan gabungan dari dua atau lebih saham individual.  Dalam penghitungan analisis risiko portofolio, hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah pembentukan portofolio terlebih dahulu. Pembentukan portofolio dalam penelitian ini menggunakan metode Single Index Model. Data yang digunakan dalam penelitian ini data saham indeks LQ45 periode 2015 sampai 2018. Pemilihan saham kategori LQ45 karena liquiditas saham yang tergolong LQ45 sangat liquid dan banyak peminat di pasar saham.

Berdasarkan hasil perhitungan, menunjukkan bahwa saham-saham yang membentuk portofolio optimal diantaranya pada semester 1 terdapat 4  saham yaitu: GGRM, BMTR, SILO, ASRI. Pada semester 2 terdapat 1 saham yang membentuk portofolio optimal yaitu saham ITMG. Pada semester 3 terdapat 4 saham, yaitu: JSMR, GGRM, SCMA, dan TBIG. Pada semester 4 terdapat 7 saham, yaitu: INTP, MPPA, WIKA, PGAS, PWON, PTPP dan AALI. Pada semester 5 terdapat 9 saham, yaitu: ELSA, LPKR, PPRO, AALI, PTPP, ASRI, ADRO, AKRA dan ANTM. Pada semester 6 terdapat 2 saham, yaitu SSMS dan AALI. Pada semester 7 terdapat 7 saham, yaitu: SRIL, BSDE, TLKM, BRPT, SSMS, TPIA, dan LPPF. Pada semester 8 terdapat 6 saham, yaitu: SMRA, ANTM, PTPP, TLKM, SMGR, dan SRIL. Kemudian nilai VaR portofolio saham LQ45 diperoleh sebesar 0,04534961 yang berarti menunjukkan kerugian yang akan diderita oleh investor tidak akan melebihi Rp 45.349.610 jika investasi awal sebesar Rp 1.000.000.000.

 

Kata kunci : Portofolio, Single Index Model, Simulasi Monte Carlo, VaR

Kata Kunci

Portofolio, Single Index Model, Simulasi Monte Carlo, VaR

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Devi, Silvia Sinta. 2010. Analisis Risiko Portofolio dengan Metode Varians Kovarians. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Halim, Abdul. 2005. Analisis Investasi. Edisi kadua. Jakarta: Salemba Empat.

Hartono, Jogiyanto. 2014. Teori dan Praktik Portofolio Dengan Excel. Jakarta: Salemba Empat

_______________. 2016. Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kesepuluh. Yogyakarta: BPFE.

Husnan, Suad. 2015. Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Indarto, Roni. 2014. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Pertama. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Jorion, Philippe. 2007. Value at Risk: The New Benchmark Managing Financial Risk. Third Edition. New York: The Mc Graw-Hill Companies.

Martono, Nanang. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada.

Mohamad, Samsul. 2006. Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Jakarta : Erlangga.

Ningsih, Ryke Turya. 2014. Analisis Risiko Portofolio dengan Menggunakan Metode Simulasi Monte Carlo. Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga: Fakultas Sains dan Teknologi.

Qadafhi, Achmad. 2012. Penggunaan Metode Simulasi Monte Carlo Dalam Mencari Value At Risk (Var) Pada Portofolio. Medan, Universitas Sumatera Utara: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Rohmaniah, Siti Alfiatur. 2016. Perhitungan Value at Risk (VaR) dengan Simulasi Monte Carlo (Studi Kasus Saham Pt. Xl Aciata. Tbk). Jurnal UJMC, Volume 3, Nomor 1, Hal. 15 - 20 pISSN : 2460-3333 eISSN : 2579-907X.

Sofiana, Nita. 2011. Pengukuran Value at Risk Pada Portofolio dengan Simulasi Monte Carlo. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunariyah. 2003. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Edisi Ketiga. Yogyakarta: UPP AMPK YKPN.

Susilo, Bambang. 2009. Pasar Modal Mekanisme Perdagangan Saham, Analisis Sekuritas, dan strategi Investasi Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Yogyakarta : UPP.

Tandelilin, Eduardus. 2001. Analisis Investasi Dan Manajemen Portofolio. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE Yogjakarta.

Warsono. 2001. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Malang. UMM PRESS

Website: www.bi.go.id diakses pada 15 februari 2019

Website: www.idx.co.id diakses pada tanggal 15 februari 2019

Website: www. yahoofinance.com diakses pada tanggal 15 februari 2019

Website: www.sahamok.com diakses

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.