PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA KANTOR CABANG PERUM DAMRI MATARAM)

Raden Bagus Faizal Irany Sidharta

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh pengembangan karir terhadap kepuasan kerja, pengaruh lingkungan kerja fisik terhadap kepuasan kerja, pengaruh pengembangan karir terhadap kinerja, pengaruh lingkungan kerja fisik terhadap kinerja dan pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja. Jenis penelitian yang digunakan penelitian asosiatif, metode pengumpulan data yang digunakan dengan metode sensus, populasi berjumlah 91 karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Data yang telah dikumpulkan kemudian di analisa dengan menggunakan analisa jalur dengan memanfaatkan program aplikasi SPSS 16.0 For Windows. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa, pengembangan karir (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja (Y1) karyawan pada Kantor Cabang Perum DAMRI Mataram, lingkungan kerja fisik (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja (Y1) karyawan pada Kantor Cabang Perum DAMRI Mataram, pengembangan karir (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja (Y2) karyawan pada Kantor Cabang Perum DAMRI Mataram, lingkungan kerja fisik (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja (Y2) karyawan pada Kantor Cabang Perum DAMRI Mataram, kepuasan kerja (Y1) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja (Y2) karyawan secara signifikan pada Kantor Cabang Perum DAMRI Mataram.

Kata Kunci: Pengembangan Karir, Lingkungan Kerja Fisik, Kepuasan Kerja, Kinerja.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

_______,1998.Perarturan Menteri BUMN Nomor 13 Tahun 1998 tentang perusahaan umum (PERUM).

Arikunto, S.1998.Manajemen Penelitian.Jakarta: PT. Rineke Cipta.

Handoko, H T. 2012.Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia.Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Mangkunegara, A P.2013.Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nitisemito, A S.1984.Manajemen Personalia.Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Prawirosentono, S.1999.Manajemen Sumber Daya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Ratnasari I P, Dewi K.2013.Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja Fisik dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 13, No 1, April, 1991-1926.

Rivai, V.2004.Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Rivai V, Sagala E J.2011.Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sedarmayanti.2009.Manajemen Sumber Daya Manusia.Bandung: PT Refika Aditama.

Soeprihantono, J.2000.Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan dan Pengembangan Karyawan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Sugiyono.2013.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Tsui, Anne, Pearce, Porter.1997.Alternative Approaches to the Employee Organization Relationship: Does Investment in Employee Pay Off. Academy of Management Journal. Vol 40. No 5, 1089-1121.

Wahyuni Y. 2014.Pengaruh Konflik Peran dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dengan Burnout Sebagai Variabel Intervening Pada Karyawan PT. Bank Negara Indonesia (persero) tbk Kantor Cabang Utama Mataram.Tesis pada Magister Manajemen Universitas Mataram : Tidak diterbitkan.

Wibowo.2012.Manajemen Kinerja.Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Wirawan.2009.Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia.Jakarta:Salemba Empat.

Zulhana.2012.Analisis faktor-Faktor Yang Membentuk Kepuasan Kerja Bidang (Studi Pada Puskesmas di Kabupaten Lombok Barat).Tesis pada Magister Manajemen Universitas Mataram: tidak diterbitkan.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.