KOMPETENSI DOSEN, GAMBARAN UMUM ALUMNI DAN PERKEMBANGANNYA

Zainal Abidin, Alamsyah Alamsyah, Baiq Nurul Suryawati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kompetensi dosen jurusan manajemen, lama masa tunggu para alumni lulusan tahun 2017 dalam memasuki dunia kerja, kesesuaian latar belakang pendidikan alumni tahun 2017 dengan pekerjaan yang ditekuni sekarang, kemampuan dalam menciptakan lapangan pekerjaan sendiri atau hanya menunggu dan mencari pekerjaan, kompetensi lulusan dalam pekerjaannya, dan kontribusi jurusan Manajemen FEB Unram dalam membentuk kompetensi lulusan tersebut. Hasil penelitian adalah kompetensi Dosen FEB Jurusan Manajemen ditinjau dari tiga aspek: 1) Persentase Dosen  yang mendapat tunjangan sertifikasi, dari  60  orang dosen FEB jurusan manajemen sebanyak 58 orang (96,67%) telah mendapat  tunjangan serifikaasi dosen, sisanya 2 orang(3,33%) belum mendapat sertifikasi dosen,  ini berarti bahwa  sebagian besar telah memenuhi syarat sebagai dosen  yang berkompeten. 2) Dari sisi perilaku kerja dosen FEB Manajemen Unram, sebanyak  58 orang atau 95,08 persen berperilaku sangat baik, dan sisanya berperilaku baik. 3) Jabatan Fungsional Dosen FEB Manajemen Unram , Jabatan Guru Besar  1 orang (1.64  persen), jabatan Lektor Kepala   orang (31.15 persen), jabatan Lektor  32 orang (52.46  persen), jabatan Asisten Ahli  9 orang (14,75 persen) Tingkat Pendidikan Dosen FEB sudah menenuhi ketentuan yang sudah ada,  dengan kondisi 43,33 persen (26 orang) sudah berpendidikan S-3, sisanya  56,67 persen (34 orang) berpendidikan S-2. Untuk masa tunggu para alumni Manajemen FEB dalam memasuki dunia kerja, 19 orang mendapatkan pekerjaan sebelum lulus(23,46%) dengan masa tunggu rata-rata,5,8 bln sebelum lulus sedangkan 62 orang(76,54%) mendapatkan pekerjaan sessudah lulus dengan masa tunggu rata-rata 4,58 bulan. Selain itu, sebanyak 19,8% responden menyatakan bahwa antara latar belakang pendidikan dengan pekerjaan pertama yang ditekuni sangat erat, 30,9 persen  menyatakan erat, 21% menyatakan cukup erat, 9,9 persen meyatakan kurang erat dan sisanya 4,9 persen menyatakan tidak sama sekali. Selanjutnya kompetensi Rata-rata alumni yang dikuasai selama mengikuti pendidikan di F Unram tinggi dengan nilai sebesar 3,21 dalam rentang 1 sampai 5. dan kontribusi dari FEB sebesar 3,48.

Kata Kunci

Kompetensi dosen dan alumni jurusan manajemen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

…………. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 2011. Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi Buku III Pedoman Penyusunan Borang. Jakarta (ID): BAN-PT.

…………… Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 2011. Akreditasi Program Studi Sarjana Buku V Pedoman Penilaian Akreditasi Program Studi Sarjana. Jakarta (ID): BAN-PT.

……………Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 2011. Akreditasi Program Studi Sarjana Buku VI Matriks Penilaian Instrumen Akreditasi Program Studi Sarjana. Jakarta (ID): BAN-PT.

…………… Institut Pertanian Bogor. 2010. Panduan Program Pendidikan Sarjana Edisi Tahun 2010. Bogor (ID). IPB Press.

Antoinette, Lucia D. and Lepsinger, R. 1999. The Art and Science of Competency Model. San Francisco: Jossey-Bass/Pfeiffer

Amstrong, Michael. 2001. Handbook of Human Resources Management Practice, London and Philadelphia: Kogan Page.

A, Wahyuni D, Supriyanto dan Mulyani E. 2012. Analisis Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi dengan Dunia Kerja. Jurnal Economia. 8 (1):

Ansyar, Moh. (1989) Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Depdiknas.

Ansyar & Nurtain (1993) Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Depdiknas.

Brown, Barry, Dacin and Gunst, 2005, “Spearching for a consensus antecendent role of service quality and satisfaction: an exploratory national study”. Journal of Business Research, Vol. 51. pp. 53-60.

Fuad, Noor dan Ahmad, G. 2009. Integrated Human Resources Development. Jakarta: PT. Grasindo

Hasan Alwi (dkk.). 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Edisi Ketiga.

John M. Echols & Hasan Shadily. 1995. Kamus Inggris – Indonesia: An English – Indonesian Dictionary. Jakarta Gramedia. Cetakan 21.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

LOMA. 1998. LOMA’s Competency Dictionary

Masri Singarimbun & Sofian Effendi (ed.). 1995. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES. Cetakan 2.

Nasution. 1993. Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Said Hamid Hasan, 1988, Evaluasi Kurikulum, P2LPTK, Ditjen Dikti, Depdikbud, Jakarta.

Syafik Ahmad, Fikawati Sandra, 2016, Tracer Study Metodologi dan Manajemen, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Sudarwan Danim. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung. Cetakan 1

Sugiyono, 2004, metode penelitian bisnis, CV. Alfabeta, Bandung.

TIM Redaksi KBBI. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Edisi III. Cetakan Kedua.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta.

______. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset. Yogyakarta.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.